Mengonsumsi makanan dengan pewarna dan pengawet dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker, diabetes, dan penyakit kardiovaskular. Hal ini ditunjukkan oleh tiga penelitian baru di Perancis yang diterbitkan pada 21 Mei ini di jurnal Diabetes Care, Jurnal Epidemiologi Eropa, dan Jurnal Jantung Eropa. Studi-studi ini bertujuan untuk “menginformasikan kebijakan publik”, menurut siaran pers dari Inserm (Institut Nasional Penelitian Kesehatan dan Medis). Dengan demikian, temuan-temuan tersebut menambah sejumlah besar penelitian yang membuktikan risiko kesehatan dari makanan ultra-olahan.